Inilah Robot Romantis Yang Penuh Cinta Kasih Dari Perancis


http://www.suaramedia.com/images/stories/4berita/2-12-tekno/romeo_bt.jpg
BloggerMu.com - Apa jadinya kalau robot mempunyai perasaan halus dan bahkan terkadang bisa bersikap romantis? Hal tersebut yang tengah dikembangkan oleh perusahaan asal Prancis, Aldebran Robotics.

Perusahaan tersebut sukses menciptakan robot yang mampu menunjukkan rasa cinta dan bisa mengerjakan tugas sebagaimana manusia, robot itu sendiri bernama Romeo. Penciptanya terinspirasi kisah cinta legendaris dari Romeo dan Juliet.

Sepeti yang diberitakan Cnet, Rabu (29/12/2010), Robot dengan tinggi 4,5 kaki ini dilengkapi fitur antarmuka (interface) yang bisa mendeteksi gerakan dan suara manusia. Pada robot yang berbobot 88 pon ini juga dibenamkan sensor pada bagian mata, kaki, dan tulang punggung.

Robot Romeo memiliki fitur 37-derajat kebebasan, tulang punggung empat-ruas, kaki diartikulasikan, exoskeleton kaki komposit, dan aktuator direvisi yang memberikan kontrol robot lebih aman atas anggota tubuhnya. Layaknya manusia, Romeo juga mampu menjadi teman cerita, dan mampu menujukkan mimik wajah tergantung kondisi lawan bicaranya tersebut.

Robot dengna lapisan mulus bersih juga memiliki “batang tubuh yang lembut”. Robot berinteraksi melalui perkataan natural dan gerak tubuh untuk melakukan tugas-tugas seperti membuang sampah, mengangkat cangkir dengan empat jari tangannya, mengambil makanan dari dapur. membuka dan menutup pintu, membereskan rumah, menyiapkan makanan di meja makan, dan merawat orang sakit atau lansia.

Aldebaran akan menguji coba robot yang dibanderol dengan harga 250 euro atau sekitar 3 miliar rupiah ini ke rumah sakit dan panti jompo. (Sumber: suaramedia)

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner